- piston bergerak dari titik atas menuju titik bawah.
- klep masuk terbuka dan klep buang tertutup.
- penghisapan gas dari carburator masuk kedalam cylinder melalui klep masuk yang dalam terbuka.
- piston bergerak dari titik bawah menuju titik atas.
- pada kedua klepnya keadaan tertutup rapat.
- gas yang ada di dalam cylinder di mampatkan atau di kompesi.
- Pada keadaan piston hampir mencapai titik atas, busi melontarkan api listriknya dengan tegangan yang cukup tinggi untuk membakar gas yang telah ada dalam cylinder.
- piston bergerak dari titik atas menuju titik bawah.
- pada kedua klepnya masih dalam keadaan tertutup.
- gerak piston turun kebawah di sebabkan oleh adanya dorongan gas yang telah di bakar, sehingga motor menghasilkan tenaga.
- piston bergerak dari titik bawah meuju titik atas.
- pada klep buang terbuka sedangkan pada klep masuk gas tertutup rapat.
- sisa pembakaran gas yang telah mendorong piston dari dalam cylinder keluar melalui klep buang yang langsung ke knalpot.
postingan ini akan sedikit menjelaskan tentang bagaimana cara kerja mesin 4 tak.Source URL: https://theconstantarchitect.blogspot.com/2010/03/cara-kerja-mesin-motor-4-tak.html
Ketika mesin pada keadaan posisi Tak 1 terjadi gerak hisap, berikut cara kerjanya:Pada keadaan mesin posisi tak II terjadi gerak kompresi atau pemampatan, berikut cara kerjanya.
Pada keadaan mesin posisi tak III terjadi gerak tenaga, berikut cara kerjanya:
Pada keadaan mesin posisi tak IV terjadi gerak buang atau sisa pembakaran, berikut cara kerjanya.
Visit the constant architect for Daily Updated Hairstyles Collection